Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

PMI Pati Kewalahan Penuhi Stok Darah Trombosit

Meningkatnya pasien demam berdarah dengue (DBD) di Pati, menyebabkan permintaan darah trombosit meningkat. Padahal, tidak semua darah yang masuk PMI bisa diproses menjadi trombosit.

“Untuk memproses darah yang masuk menjadi trombosit, pendonor harus memiliki berat badan di atas 55 kg, tidak mengonsumsi obat-obatan, dan darah harus dalam kondisi segar. Tidak lebih dari empat jam dari proses donor,” ujar Humas Unit Donor Darah (UDD) PMI Pati Safaati.

Itu sebabnya, trombosit hanya bisa diproses dari donor darah yang dilakukan di Kantor PMI langsung. Sementara itu, donor darah yang dilakukan di luar kantor tidak bisa diproses menjadi trombosit karena lebih dari empat jam.

“Stok trombosit yang minim dibarengi kebutuhan yang semakin meningkat membuat PMI Pati kewalahan. Kami berharap, warga yang ingin donor bisa langsung datang ke kantor PMI,” katanya.

Saat ini, stok darah yang tersedia di PMI sekitar 345 kantong. Darah golongan A ada 14 kantong, darah B ada 64 kantong, darah O ada 187 kantong, dan darah AB ada 63 kantong.

“Untuk trombosit, darah golongan A ada 5 kantong, darah B ada 6 kantong, darah O ada 4 kantong dan darah AB ada 2 kantong,” pungkasnya.


sumber : murianews

0 Komentar

    Tambah Komentar