Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

MENJADIKAN DIRI EFEKTIF DAN PRODUKTIF DALAM PEKERJAAN

Mulailah mengatur pekerjaan dengan langkah untuk mengatur diri Anda. Anda yang terbiasa dalam disiplin akan dengan mudah menjalankan manajemen waktu yang efektif. Ketika Anda sudah mampu menguasai dan mengendalikan waktu, maka Anda dengan sangat mudah dapat melakukan hal-hal prioritas di semua aspek atau dimensi kehidupan Anda. Anda akan terbiasa untuk tidak kehilangan fokus dan menghabiskan banyak waktu untuk hal-hal yang tidak dalam prioritas Anda. Artinya, kehidupan Anda tidak akan terbuang percuma untuk hal-hal tidak penting, dan fokus Anda akan meningkatkan kualitas hidup Anda, untuk hal-hal yang Anda cari dalam kehidupan Anda.
Pastikan setiap hari Anda fokus pada informasi dan data yang Anda butuhkan untuk mendukung pola hidup Anda. Jadi, Anda tidak perlu setiap hari bingung dan terlihat terlalu sibuk dengan informasi dan data, yang tidak Anda butuhkan untuk membantu harapan dan keinginan Anda. Fokuskan perhatian Anda kepada hal-hal yang Anda perlukan saja, jangan habiskan waktu dan energi untuk hal-hal yang tidak Anda inginkan dalam hidup Anda.
Pastikan di kantor Anda betul-betul fokus untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawab dengan efektif. Efektif artinya Anda memahami dan tahu cara menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang singkat dan berkualitas. Di sini, Anda harus benar-benar peduli untuk mengatur strategi kerja yang tepat waktu dan bagus kualitasnya. Jangan pernah membiarkan waktu kerja Anda terbuang percuma hanya karena Anda ragu atau bingung dengan pekerjaan. Jadilah produktif  dengan cara menjadi efektif, dan teruslah biasakan diri Anda bekerja dengan sangat efektif di semua aspek pekerjaan Anda.
Pastikan Anda memiliki buku kerja untuk mengatur jadwal dan target kerja Anda. Buatlah grafik, daftar, sketsa, aliran kerja, dan hasil bertukar pikiran dengan rekan, bawahan, atau atasan dalam buku kerja Anda. Setiap hari sesuaikan buku kerja Anda dengan perubahan yang diperlukan, hapus yang tidak relevan, tambahkan yang dibutuhkan, dan jadikan buku kerja Anda sebagai sahabat untuk coret-coret Anda.
Di zaman teknologi internet ini semua informasi dalam hitungan detik sudah dapat Anda miliki. Kehidupan globalisasi telah mengatur pola hidup untuk mendapatkan semua info dengan mudah. Karena begitu banyak informasi yang muncul setiap detik, maka diperlukan kehati-hatian dalam memanfaatkan informasi. Kebiasaan untuk ikut terpengaruh dalam keramaian sebuah berita atau informasi, padahal Anda tidak menginginkan informasi atau berita seperti itu, akan menjadi jebakkan yang menguras waktu kerja Anda.
Pastikan Anda hanya membuka email masuk yang betul-betul Anda perlukan. Semua email yang tidak Anda perlukan masukkan ke dalam kotak spam dan segera hapus dari kotak email Anda. Jadilah efektif menggunakan internet untuk kebutuhan pekerjaan saja, dan jangan habiskan waktu untuk hal-hal yang tidak Anda perlukan. Setiap detik waktu Anda sangat berharga dan menentukan efektivitas dari kehidupan Anda. Nikmati hidup Anda dengan detik-detik yang berkualitas.
Biasakan perilaku kerja untuk melakukan penyimpanan atas semua hasil kerja Anda. Setiap hasil dan proses yang dapat Anda simpan dan menjaganya untuk keperluan saat dibutuhkan, akan menjadi sesuatu yang sangat membantu konsistensi dan efektivitas kerja Anda. Jadi, simpanlah setiap pekerjaan yang telah Anda kerjakan dengan baik dan efektif, agar saat dibutuhkan kembali, Anda dapat dengan mudah menemukannya.
Kehidupan kerja adalah kehidupan organisasi dalam kolaborasi yang tanpa henti. Jadi, pastikan Anda telah mengatur diri Anda menjadi satu kesatuan dengan semua orang di dalam organisasi Anda. Pastikan diri Anda telah terhubung dengan efektif dan harmonis ke atas, ke bawah, ke samping, dan kesemua stakeholders lainnya. Semakin Anda terhubung dengan efektif kepada setiap fungsi dan peran di dalam organisasi Anda, maka semakin efektif dan produktif cara kerja Anda.

0 Komentar

    Tambah Komentar