Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Kesiapan Jalur Alternatif Dipantau

PATI – Sebagai langkah kesiapan arus mudik dan balik, Satlantas Polres Pati memantau kondisi sejumlah jalur alternatif yang akan digunakan. Hasilnya, untuk jalur yang masih diperbaiki diharapkan diselesaikan atau dihentikan sebelum arus mudik.

Kapolres Pati, AKBP R Setijo Nugroho melalui Kasatlantas AKP Eko Wahyono mengatakan, saat ini jalur selatan dinilai menjadi salah satu jalan alternatif utama bila terjadi kemacetan maupun kendala di jalur mudik utama.

Jalur mudik alternatif yang dimaksudkan itu adalah dari Kudus masuk ke jalan lingkar selatan, dilanjutkan ke Gabus menuju Winong. Dari Winong dialihkan ke Jakenan kemudian Jaken. Setelah Jaken menuju Batangan barulah melanjutkan ke Rembang. Begitu pula untuk sebaliknya. Sebagai jalur alternatif maka pihaknya tidak berharap di jalan tersebut nantinya juga terjadi kendala saat digunakan.

Oleh karena itu, pihaknya sudah terlebih dahulu melakukan survei dan pemantauan terhadap kondisi jalan tersebut. Dari pemantauan itu sendiri diketahui ada sejumlah titik yang masih ada pekerjaan jalan.

Seperti jalur Gabus-Winong turut Desa Blingijati, Kecamatan Winong, Jalan Winong- Jakenan turut Desa Glonggong, Kecamatan Jakenan, Jalan Jakenan-Jaken turut Desa Mojoluhur Kecamatan Jaken Pati. ‘’Sedangkan jalan lain yang saat disurvei masih dilakukan pembenahan itu seperti di jalan Pati-Purwodadi KM 1 sampai KM 1,5,’’kata Eko.

Terkait kondisi jalan tersebut, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dan menegaskan kepada pemerintah kabupaten agar dapat mengambil langkah dalam upaya pembenahan. Diharapkan perbaikan itu sudah dapat dirampungkan sebelum H-10 lebaran.

Sedangkan untuk jalan Pati- Purwodadi lantaran jalan tersebut diperkirakan baru akan dirampungkan pada bulan November maka pihaknya berharap pekerjannya dapat dihentikan sementara pada H-10 lebaran. Dengan begitu diharapkan dua lajur tersebut dapat dipakai dua arah. ‘’Saat ini kami sudah berkoordinasi dengan instansi terkait terutama pada dinas pekerjaan umum.

Termasuk rekomendasi agar pekerjaan tersebut dapat segera dirampungkan,’’ terangnya. Selain itu pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Polsek yang menaungi jalur alternatif. Bila benar dibutuhkan maka jajaran personel Polsek akan segera diterjunkan untuk membantu mengatur arus lalu lintas di jalan alternatif.

‘’Sebenarnya dengan diberlakukannya jalan lingkar selatan kami rasa dapat begitu membantu mengurai arus. Bahkan sebenarnya hampir dikatakan tidak ada lagi titik rawan macet di Pati. Namun meski begitu kami tetap akan menyiapkan tim pengurai arus,’’ungkapnya.

 

Sumber :http://berita.suaramerdeka.com

0 Komentar

    Tambah Komentar