Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Cintai Produk Asli Buatan Wong Pati

Lebih dari satu dekade lalu, para Pemimpin Asean sepakat membentuk sebuah pasar tunggal di kawasan Asia Tenggara pada akhir 2015 mendatang. Pembentukan pasar tunggal yang diistilahkan dengan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) ini nantinya memungkinkan satu negara menjual barang dan jasa dengan mudah ke negara-negara lain di seluruh Asia Tenggara sehingga kompetisi akan semakin ketat. Hal ini  dilakukan agar daya saing Asean meningkat dan dapat membuka banyak lapangan pekerjaan. 

Dilatarbelakangi hal tersebut pemerintah Kabupaten Pati melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Pati, Jumat kemarin ( 24/07/2015) di Ruang Pragola Sekretariat Daerah Kabupaten Pati  bekerjasama dengan AlfaMart mengadakan Pelatihan Manajemen Ritel bagi Usaha Mikro Kecil Mengah di Kabupaten Pati. Pelatihan yang diikuti oleh perwakilan Pelaku UMKM di Kabupaten Pati ini sebagai bentuk pembinaan dari Pemerintah Kabupaten Pati yang bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM demi mewujudkan UMKM yang lebih unggul dan berdaya saing tinggi. "Jumlah warga Pati sekitar 1,4 juta merupakan pangsa pasar potensial bagi sekitar 41.000 UMKM yang ada di Pati", jelas Riyoso, kepala Disperindag Pati. 

Selain mengadakan pelatihan managerial bagi UMKM, Disperindag juga telah mensosiaisasikan jargon "Cintailah Produksi Buatan Asli Wong Pati". "Spanduk Cintailah Produksi Buatan Asli Wong Pati ini sudah mulai dipasang di pasar swalayan di Pati, salah satunya Swalayan Ada. Bahkan di swalayan Ada Pati ada satu rak yang khusus untuk display produk asli Pati.

Bupati Pati, H. Haryanto, S.H., M.M., M.Si dalam sambutannya menambahkan bahwa demi mendukung pengembangan UMKM, Pemkab Pati tengah menggagas Pasar Produk Unggulan Pati yang terletak di Margorejo. Pasar Unggulan ini rencananya akan dilaunching pada akhir tahun 2015 ini. " Dalam pasar produk unggulan akan dijual produk-produk home industri UMKM Khas Pati. Adanya pasar produk unggulan diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat dan membuka lapangan kerja sehingga masyarakat tidak usah susah-susah bekerja ke luar daerah", tegasnya.

sumber berita dan gambar: admin

 

0 Komentar

    Tambah Komentar