Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

World Skill Competition: Bukan Hanya Atlit Yang Dapat berprestasi

Tahukah Anda bahwa yang dapat berprestasi bukan hanya atlit ? Tukang kayu, Programmer, Web Designer, Graphic Designer, Montir, Pelayan Restaurant, atau bahkan Tukang Las juga dapat berprestasi.
Ini yang akan kita bahas. Ada kompetisi yang diikuti oleh pemuda-pemudi diseluruh dunia yang berusia maksimal 22 tahun untuk bertanding layaknya atlit. Bedanya ini bukanlah cabang olahraga, melainkan cabang dari pekerjaan-pekerjaan yang membentuk dunia Industri. Dan itu disebut WorldSkills Competition.

Worldskills Competition yang dinaungi oleh organisasi WorldSkills International ini telah beranggotakan 58 Negara, salah satunya Indonesia. Event yang diadakan tiap dua tahun ini, Indonesia sudah mulai mengikutinya sejak tahun 2005.

Berikut ini kita bahas apa saja yang diperlombakan dalam Wordskill Competition:

Mechatronics

Mekatronika berkaitan dengan mekanika, elektronika dan teknologi komputer. Unsur teknologi komputer mencakup aplikasi teknologi informasi, sistem mesin kontrol dan teknologi yang memungkinkan komunikasi antara mesin, peralatan dan pengguna..

 Mechanical Engineering Design – CAD

CAD singkatan dari Computer Aided Design.
Hal ini digunakan untuk menghasilkan dokumentasi desain di bidang manufaktur, termasuk gambar produk, dokumen dan model 3D.

Mould Making

Mould Maker memproduksi komponen plastik(mencakup plastic untuk telepon selular). Dari gambar atau sketsa, Mould Maker kemudian mendesain dan membentuk cetakan logam yang akan menghasilkan bagian-bagian plastik.


IT Software Solutions for Business

pa yang dilakukan oleh IT Software Solutions professionals ? yaitu mengembangkan solusi untuk masalah bisnis. Menggunakan Microsoft Office sebagai framework untuk membangun solusi perangkat lunak. Menganalisa kebutuhan bisnis dalam rangka menciptakan solusi yang pas. Menggunakan kemampuan memecahkan masalah dan mendalami pengetahuan teknis untuk membangun solusi. Menggunakan keterampilan komunikasi untuk mendokumentasikan karya mereka dalam cara yang mudah untuk dipahami. Mengunakan komunikasi dan keterampilan penjualan untuk menyajikan solusi mereka kepada klien.

Welding

Welder adalah pengrajin tangan terampil untuk melakukan pekerjaan profesional. Diperlukan proses pengelasan yang berbeda untuk bahan yang berbeda. Dalam rangka memenuhi persyaratan kualitas, welder harus mampu memahami gambar pengelasan, standar dan tanda-tanda, menerapkan proses pengelasan yang diperlukan dan memahami karakteristik dari bahan. Pengetahuan tentang keselamatan kerja pengelasan juga diperlukan.

Wall and Floor Tiling

Wall and Floor Tiling mengacu pada peletakan ubin keramik, mosaik dan batu alam pada dinding, lantai dan tangga di rumah-rumah, bangunan industri , gereja, kolam renang, instalasi luar dan fasad untuk memberikan protektif dan dekoratif.

Plumbing and Heating

Plumbers menginstalasi pipa air, sanitasi, drainase dan pemanas untuk rumah dan lokasi industri.

Web Design

Web design adalah mendesain, membangun website, dan mengembangkan aplikasi berbasis web dengan menggunakan teknologi pemograman terbaru, HTML5, CSS3, PHP, Ajax.


Electrical Installations

Installers listrik manufaktur memelihara dan memperbaiki peralatan listrik untuk rumah, industri dan pembangkit listrik. Pekerjaan mereka melibatkan perangkat distribusi listrik seperti switchboards, kabel dan rute kabel dan perangkat keamanan yang berbeda seperti sekering, relay dan switch termal.


Industrial Control

Industrial Control meliputi unsur-unsur dari instalasi listrik dan instalasi otomatisasi, meskipun persyaratan sekarang lebih condong dan lebih ke arah instalasi otomatisasi.


Bricklaying

Memasang bata bekerja pada proyek-proyek komersial dan residensial di mana mereka memasang batu bata, balok batu, kaca blok atau terra cotta untuk membangun dinding interior dan eksterior, partisi, perapian, cerobong asap dan struktur lainnya.


Mobile Robotics

Teknisi Mobile robot merakit, set-up, mengelola, dan memelihara system mekanik, mengoperasikan dan troubleshooting mobile robot.


Cabinetmaking

Cabinetmakers memproduksi furnitur, lemari dan millwork arsitektur dari berbagai bahan alami dan diproduksi baik untuk pasar komersial. Cabinetmakers mengkhususkan diri bekerja dengan kayu dan material konstruksi lainnya untuk mengarang produk berguna dan dekoratif. Mereka harus menguasai kombinasi dari teknik tradisional dan kontemporer menggunakan alat-alat tangan seperti pahat dan palu dan alat-alat modern seperti peralatan pertukangan elektronik dan bahkan terkomputerisasi.

Joinery

Joinery adalah proses menghubungkan atau menggabungkan dua atau lebih potongan kayu bersama-sama melalui penggunaan berbagai bentuk sendi kayu. Dalam fine woodworking, bentuk umum dari Joinery termasuk sendi pas,tanggam-dan-duri sendi, sendi biskuit, sendi putaran, sendi spline , dll . Joiner membangun pintu, jendela, tangga dan benda-benda arsitektur lainnya. Ini melibatkan pekerjaan dengan tangan dan mesin.


Floristry

Floristry adalah seni menciptakan karangan bunga dan komposisi dari bunga, foliages, rumput hias dan bahan botani lainnya ke dalam desain bunga. Seseorang yang melakukan pekerjaan ini disebut Florist.


Ladies"/Men"s Hairdressing

Hairdressing mengacu pada pengobatan dan perawatan rambut. Perawatan rambut mengacu pada semua jenis teknik memotong rambut, perm waving, pewarnaan,styling dan desain jenggot..   

Beauty Therapy  

Seorang terapis kecantikan adalah spesialis dalam perawatan kulit dan tubuh, pijat dan make up. Terapis kecantikan mampu merencanakan, menerapkan tubuh, kaki dan perawatan tangan dan riasan. Mereka dapat memberikan saran tentang bagaimana menggunakan warna, menemukan gaya pribadi, merawat kulit dan tubuh Anda,dan bagaimana memilih dan menggunakan produk perawatan kulit.

Fashion Technology

Fashion Technology professionals bekerja sama dengan klien baik dalam produksi masal atau pakaian kustom untuk klien individu. Mereka membuat pakaian, menggunakan pengetahuan mereka tentang bahan dan aksesoris, fashion dan tren warna dan bekerja dalam parameter dan persyaratan dari klien / perusahaan tempat mereka bekerja.


Confectioner/Pastry Cook

Confectioners / koki kue adalah pengrajin terampil dan perempuan. Tingginya kadar pengetahuan dan keahlian praktis yang diperlukan untuk menghasilkan berbagai kue.


Automobile Technology

Ada tujuh hal penting dalam system mobil yaitu Bahan bakar pengapian sistem kompresi, sistem pengereman, listrik , Manajemen Spark dan penyalaan mesin, Drive Train systems, perbaikan mesin, Sistem kemudi dan suspensi.
Teknisi harus mampu memahami fungsi sistem ini, dan melaksanakan pemecahan masalah, perawatan dan perbaikan. Mereka harus bekerja secara logis dan sistematis, mengikuti peraturan kesehatan dan keselamatan kerja.


Restaurant Service

Restaurant Service menuntut pengetahuan luas tentang masakan internasional, minuman dan layanan bar. Waiter adalah orang kontak yang paling penting dalam menghadiri pelanggan. Karena itu perlu untuk memiliki pengetahuan untuk melayani dan mengetahui hidangan khusus . Persyaratan dasar keterampilan dan wawasan, perilaku yang baik, dan penuh percaya diri.


Graphic Design Technology

Desainer Grafis biasanya bekerja di advertising agencies, corporate advertising departments, reproduction plants. Desainer grafis juga dapat disebut ADs (Art Directors), Production ADs, Assistant ADs, Advertising Assistants dan Graphical Designers.


Creative Modelling

Creative Modelling engineers adalah pengembang atau produsen model produk baru.Ketika sebuah produk industri baru dikembangkan, produk ini dirancang berdasarkan konsep dan model prototipe yang dibuat, dan bentuk produk baru yang berikutnya ditentukan setelah kajian menyeluruh dan modifikasi.


sumber artikel dan ilustrasi gambar: http://www.dendicious.com

 

0 Komentar

    Tambah Komentar