Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Disdukcapil Wacanakan Anak Di Pati Miliki Kartu Identitas

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pati, berencana akan memberikan kartu identitas bagi anak.  Rencananya, program tersebut akan direalisasikan pada 2016 mendatang, sambil menunggu terbitnya perangkat regulasi dan aturannya terkait mekanisme pembuatannya. 

Anak-anak di Kabupaten Pati, seperti halnya orang dewasa akan memiliki kartu identitas. Kartu Identitas Anak tersebut, nantinya berfungsi sebagai pengganti sebelum memiliki KTP sebenarnya.

Kepala Disdukcapil Pati, Dadik Sumarji, S.Sos, MM mengatakan, berdasarkan rapat koordinasi Disdukcapil se-Jawa Tengah, program Ditjen Dukcapil secara nasional pada 2016 merencanakan pembuatan KTP anak atau Kartu Identitas Anak.

“Direncanakan se-Indonesia akan diambil sampel 50 Kab/Kota. Untuk saat ini yang sudah melaksanakan Kota Solo berupa kartu identitas anak yang mana kartu identitas anak yang bersangkutan kedua bisa dimanfaatkan kerjasama dengan lembaga perusahaan toko atau tempat-tempat pelayanan yang lain,” katanya.

Untuk di wilayah Kabupaten Pati, jelas Dadik Sumarji, sebelum Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil, sebenarnya Disdukcapil Pati, sudah merencanakan pembuatan Kartu Identitas Anak. Hanya hal itu belum terwujud, karena terganjal dengan penganggaran di APBD. 

“Jadi APBD kemarin kita merencanakan, tidak kebagian anggaran, 2015 kita rencanakan juga tidak kebagian anggaran. Barangkali nanti secara nasional serencatak bisa direalisir bersama-sama,” ujar Dadik Sumarji.

Saat ini,  pemberian Kartu Identitas Anak baru di Kota Solo, yang  bekerjasama dengan beberapa perusahaan dan lembaga layanan yang ada. Pemegang kartu ini, adalah mereka yang berusia 1 hingga 18 tahun.  Diharapkan melalui perekaman sejak dini itu, kartu tersebut dapat dimanfaatkan sebagai acuan database data kependuduk, setelah mereka berhak memiliki KTP yang sebenarnya.

sumber berita: pasfmpati.com

sumber ilustrasi gambar: solopos.com

0 Komentar

    Tambah Komentar