Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Dinpertanak Layangkan Surat Edaran Pemantauan Hewan Jelang Idul Adha

Menjelang pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, pada Idul Adha mendatang, Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan (Dinpertanak) Pati, mulai melakukan tahap pemantauan awal. Yakni, dengan melayangkan surat edaran kepada para Camat, untuk melakukan pembinaan dan pengawasan kepada tempat-tempat dan panitia penyelenggaraan qurban.

Meski Idul Adha masih sepekan lebih, Dinpertanak Pati mulai melakukan langkah-langkah awal pemantauan rencana penyembelihan hewan qurban. Yakni meminta para Camat, untuk melakukan pembinaan dan pengawasan tempat-tempat penyelenggara penyembelihan hewan qurban.

“Dinpertanak saat ini mulai melayangkan surat edaran ke para camat dan kepala desa se Kabupaten pati menjelang idul adha ini. Surat edaran tersebut, untuk menginformasikan kepada Kades, atau Panitia Penyelenggara Qurban, kami juga menugaskan teman-teman medis dan paramedis di wilayah kecamatan untuk melakukan pengawasan dan pembinaan ke tempat-tempat panitia penyelenggara qurban,” demikian ungkap Kabid Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman pada Dinpertanak Pati, Ir. Niken Trimeiningrum, Senin (14/9).

Niken Trimeiningrum mengungkapkan, dalam surat edaran itu pihaknya juga menyelipkan leaflet sebagai bahan informasi bagi Camat,  terkait cara-carta menyembelih hewan qurban yang baik, aman, sehat,  halal, dan bebas dari penyakit. 

“Untuk sementara kita harapannya ya, memang hewan-hewan yang disembelih kondisinya sehat. Tapi kalau memang ada yang diragukan/dicurigai ternak itu tidak sehat, ya harus segera melapor petugas yang ada di wilayah atau mungkin ke dinas juga bisa,” jelasnya.

Untuk pemantauan dan pengawasan kesehatan hewan, kata Kabid Kesehatan Hewan dan Perlindungan Tanaman Dinpertanak Pati, Ir. Niken Trimeiningrum,  akan rutin dilakukan di tempat-tempat, perorangan maupun panitia penyelenggara pemotongan hewan qurban di wilayah di Pati.

sumber berita: pasfmpati.com

sumber ilustrasi gambar: www.kiblat.net

0 Komentar

    Tambah Komentar