Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Jangan Memproduksi Konten yang Klise

Riza Primadi-Sekolah P3SPS.jpgJakarta - Apa yang harus dilakukan pekerja media ketika teknologi, konten, dan kebutuhan pemirsa berubah? Pertanyaan itu dikemukakan praktisi penyiaran senior Riza Primadi ketika memaparkan materi pembuka peserta Sekolah P3SPS Angkatan IV di kantor KPI Pusat, Selasa (8/9/2015).
 
Riza yang juga salah seorang pendiri Trans TV ini mengatakan, keberadaan ponsel pintar telah masuk ke dalam sendi-sendi kehidupan manusia. Tidak hanya sebagai sarana telekomunikasi, solusi yang ditawarkan beragam aplikasi yang terdapat di dalamnya menjadi alasan utama seseorang tak mau jauh-jauh dari ponsel. Selain itu, dengan perangkat tersebut, lumbung informasi dalam bentuk tulisan maupun multimedia sangat mudah diakses. Sebagian orang lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponselnya dari pada berada di depan layar televisi.
 
“Masyarakat kita sudah jauh berkembang. Sayang sebagian besar stasiun televisi belum bisa mengiringi perkembangan itu,” kata Riza. Ia meyakini, kelak bentuk perangkat televisi akan mengalami perubahan. Akan ada program acara on demand, sesuai kebutuhan pemirsa. Orang bisa menyaksikan program acara televisi kapan pun dan di mana pun.
 
Kehadiran digitalisasi penyiaran, menurut Riza, juga akan memengaruhi konten. Stasiun televisi akan tersegmentasi sesuai kebutuhan penonton. Pemilik modal harus berpikir ulang jika ingin mengisi televisinya dengan program "gado-gado", ragam program dengan segmentasi yang berbeda-beda.
 
Di sisi lain, perkembangan teknologi ini membuat kebiasaan masyarakat dalam mengonsumsi media, khususnya televisi, bergeser. Pria yang saat ini menjabat sebagai staf khusus Menteri BUMN ini menjelaskan, jumlah penonton televisi menurun. Penonton televisi saat ini adalah mereka yang cenderung mempunyai banyak waktu luang dan tidak memiliki akses terhadap internet. Sedangkan sebagian orang yang lain tidak punya cukup waktu untuk menonton program acara tertentu. Menurutnya, saat ini, stasiun televisi belum mempunyai program acara yang kuat, sehingga memaksa pemirsa meluangkan waktunya untuk duduk di depan televisi di jadwal tayang program bersangkutan.
 
Menurut Riza, dalam kondisi yang demikian praktisi media harus berpikir untuk membuat program acara yang diminati pemirsa. “Jangan membuat program acara atau pemberitaan dengan sudut pandang yang itu-itu saja. Jangan membuat konten yang klise,” ujarnya. Ia menegaskan, dalam memproduksi program acara, pekerja media jangan terbenam dalam kegiatan mencipta, juga harus memosisikan diri sebagai penonton.
 
Selain itu, menurut Riza, dalam produksi program acara, isi pesan adalah yang utama, pemirsa tidakterlalu memikirkan soal kualitas gambar. Maka pesan yang terkandung dalam sebuah program harus bermakna. “Pekerja media harus menciptakan sesuatu yang baru. Itu pekerjaan berat, tapi harus dilakukan agar melahirkan perspektif yang berbeda,” katanya.
 
sumber berita dan ilustrasi gambar: http://www.kpi.go.id

0 Komentar

    Tambah Komentar