Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Dampak El Nino dan La Nina Bisa Dirasakan Indonesia hingga Desember

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Andi Eka Sakya, menyatakan Indonesia menjadi salah satu negara yang terkena dampak kekeringan akibat munculnya El Nino. Munculnya El Nino di Indonesia juga diprediksi terjadi sedang.

El Nino adalah suatu gejala penyimpangan kondisi laut yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut (sea surface temperature-SST) di samudra Pasifik sekitar equator (equatorial pacific) khususnya di bagian tengah dan timur (sekitar pantai Peru). Karena lautan dan atmosfer adalah dua sistem yang saling terhubung, maka penyimpangan kondisi laut ini menyebabkan terjadinya penyimpangan pada kondisi atmosfer yang pada akhirnya berakibat pada terjadinya penyimpangan iklim.

Dalam kondisi iklim normal, suhu permukaan laut di sekitar Indonesia (pasifik equator bagian barat) umumnya hangat dan karenanya proses penguapan mudah terjadi dan awan-awan hujan mudah terbentuk. Namun ketika fenomena el-nino terjadi, saat suhu permukaan laut di pasifik equator bagian tengah dan timur menghangat, justru perairan sekitar Indonesia umumnya mengalami penurunan suhu (menyimpang dari biasanya). Akibatnya, terjadi perubahan pada peredaran masa udara yang berdampak pada berkurangnya pembentukan awan-awan hujan di Indonesia.

Andi menjelaskan, selain Indonesia, beberapa negara yang sudah merilis hasil kajiannya yakni Amerika Serikat dan Jepang. Amerika memprediksi dampak El Nino sampai di Indonesia akan muncul sekitar Agustus hingga September.

Sementara itu, pemerintah Jepang memprediksi munculnya dampak El Nino sampai di Indonesia terjadi sekitar Agustus hingga Desember.

"Ada pendapat yang berbeda-beda, itu karena metodologi yang digunakan setiap negara berbeda," ucap Andi dalam sebuah forum diskusi, di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, bulan Agustus lalu.


Andi mengklaim memiliki data mengenai potensi terjadinya El Nino di Indonesia. Pihaknya mengaku akan mencari tahu seperti apa tren terjadi El Nino di Indonesia. "Antisipasinya agar bisa kita lakukan tiga atau empat bulan ke depan," katanya.

Pakar pertanian Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, Azwar Maas meminta pemerintah agar membuat kebijakan yang bisa membuat air hujan tertahan selama mungkin di daratan. Dengan banyak tertahannya air di daratan akan meminimalisasi dampak kekeringan.

Azwar juga mengatakan, selain kekeringan, potensi banjir akibat terjadinya La Nina juga mengancam Indonesia. Setidaknya banjir dan tanah longsor hampir setiap tahun terjadi sudah menjadi bukti. La Nina merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan suhu muka laut di kawasan Timur equator di Lautan Pasifik, La Nina tidak dapat dilihat secara fisik, periodenya pun tidak tetap.  Pada saat terjadi La Nina angin passat timur yang bertiup di sepanjang Samudra Pasifik menguat ( Sirkulasi Walker bergeser ke arah Barat ). Sehingga massa air hangat yang terbawa semakin banyak ke arah Pasifik Barat. Akibatnya massa air dingin di Pasifik Timur bergerak ke atas dan menggantikan massa air hangat yang berpindah tersebut, hal ini biasa disebut upwelling. Dengan pergantian massa air itulah suhu permukaan laut mengalami penurunan dari nilai normalnya. La Nina umumnya terjadi pada musim dingin di Belahan Bumi Utara Khatulistiwa.  

"Sudah masanya pemerintah mengubah tatanan tata ruang, baik DAS (daerah aliran sungai) hulu dan hilir," ucapnya.

Menurutnya, bagian DAS hulu akan lebih baik apabila dijadikan hutan. Tujuannya, agar bisa menjadi kawasan penahan air. "Nanti kalau sungainya bagus, dampak yang publik terima juga bagus," jelasnya.

Dampak El Nino yang dirasakan di Indonesia adalah kemarau yang semakin panjang. El Nino juga memperlambat datangnya musim hujan. El Nino juga berpengaruh terhadap kehidupan bawah laut.

sumber berita: http://jateng.metrotvnews.com, http://www.bmkg.go.id, http://idkf.bogor.net

sumber ilustrasi gambar: iri.columbia.edu

 

0 Komentar

    Tambah Komentar