Orang-orang berhasil tidak hanya dengan keras hati, melainkan mereka juga pekerja keras yang percaya pada kemampuan dirinya.

Peluang Kerja di Kapal Pesiar Terbuka

Kerapnya tenaga kerja Indonesia (TKI), terutama untuk non-skill tersandung masalah di mancanegara menjadi keprihatinan banyak pihak.

Padahal, peluang untuk bekerja ke luar negeri dengan risiko masalah yang kecil terbuka lebar. Kru kapal pesiar dan karyawan hotel merupakan kesempatan bekerja di negeri orang yang perlu dilirik masyarakat. Setiap tahun, kapal pesiar di Asia, Amerika, dan Eropa membutuhkan 14.000 kru untuk berlayar.

‘’Jumlah tersebut belum bisa dipenuhi oleh tenaga kerja asal Indonesia. Ini menjadi peluang berharga bagi masyarakat yang ingin bekerja dengan gaji tinggi di luar negeri,’’ ujar Direktur Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kerja (LPK) Sun Marino Indonesia, Ariyanto saat hadir dalam promosi potensi pariwisata dan pendidikan Daerah Istimewa Yogyakarta di Aula Dinas Pendidikan (Disdik) Pati, kemarin.

Dalam kesempatan itu dilakukan travel dialog dengan kepala TK, SD, SMP, SMA/- SMK, dan PGRI.

Panduan Wisata

Setelah di Pati, tim asal Yogyakarta yang dipimpin Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sleman akan bergerak ke Rembang. Menurutnya, bekerja sebagai kru kapal pesiar menjanjikan. Mengingat, gaji yang ditawarkan paling rendah Rp 10 juta per bulan.

‘’Kami bisa membantu memberikan skill bagi masyarakat yang berminat mengambil peluang itu,’’katanya. Selain kru kapal pesiar, menurutnya, peluang kerja ke luar negeri yang potensial adalah karyawan hotel. Itu terbuka lebar, terutama di kawasan Timur Tengah yang kini tengah tumbuh pesat industri hotel.

Peluang bekerja di hotel terbuka di dalam negeri. Industri pariwisata lokal yang kini tengah dibidik pemerintah dan berbagai pihak merangsang bertumbuhnya hotel di berbagai daerah. Kasi Promosi Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sleman, Rini Wahyu Hestari mengungkapkan, potensi wisata dan pendukungnya semakin berkembang.

Pihaknya gencar melakukan sosialisasi ke berbagai daerah untuk memberikan panduan. ‘’Bersama berbagai pihak, kami terus memberi petunjuk dan panduan bagi masyarakat dari luar Sleman dan Yogyakarta.

Harapannya, ketika mereka berada di daerah, tidak kesulitan untuk memilih wisata dan informasi pendukung lain, termasuk peluang kerja,’’ tandasnya.

sumber  berita: suaramerdeka.com

sumber ilustrasi gambar: www.indocrewyk.com

0 Komentar

    Tambah Komentar