Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Festival Batik Bakaran , Ajang Kreativitas Tanpa Batas

bakaran

Pj. Bupati Pati, Henggar Budi Angoro pada pembukaan Festival Batik Bakaran , Minggu (02/10/2022) di Desa Bakaran Wetan ,  mengatakan batik sebagai warisan budaya lisan non bendawi dapat membangkitkan ekonomi kreatif dan multiplyer efek bagi Kabupaten Pati pada umumnya dan membawa Pati pada level nasional dengan Batik Bakaran nya .

‘Festival Batik Bakaran yang diselenggarakan mulai tanggal 2 sampai dengan 30 Oktober 2022 menjadi bukti bahwa Kabupaten Pati mampu nguri -uri kebudayaan nenek moyang yang turun temurun dengan cara membatik. Acara yang digelar di Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana Kabupaten Pati ini menggelar konsep merubah pola pikir warga untuk lebih kreatif tanpa batas meskipun dalam keadaan yang terbatas.”, jelas Henggar.

Acara yang digelar sebulan penuh tersebut menggelar antara lain festival membatik, gongjinagong budaya , fashion show anak anak , pemilihan duta batik Bakaran, festival kesenian tradisional dan kirab budaya. Hal ini mengisyaratkan meskipun jaman telah berubah kearah modern dan banyak batik printing namun batik tulis atau batik canting tetap merupakan peninggalan yang memiliki nilai seni yang tinggi yang merupakan wujud kekayaan budaya tradisional.

Untuk itu Henggar mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa Bakaran Wetan yang sungguh luar biasa gigih atas terselenggaranya acara ini , terimakasih juga kepada Bank Jateng yang telah support, Disporapar Provinsi Jawa Tengah yang turut hadir , rekan- rekan Dinporapar Pati dan 200 pembatik canting yang ikut memeriahkan acara ini , semoga kedepan dapat menjadi event tahunan untuk membranding Kabupaten Pati ( MR09 )

0 Komentar

    Tambah Komentar