Tegas akan diri sendiri, buang pikiran negatif dan lakukan yang baik. Kegelisahan hanya milik mereka yang putus asa

Bekali Generasi Z dengan Ilmu Digipreneurship

gen z

Sehubungan dengan adanya Kegiatan Program SMK  Pusat Keunggulan (SMK PK) Tahun 2022. Bertempat di Auditorium SMK Negeri 2 Pati, Jumat (28/10/2022), telah diadakan Seminar khusus untuk ratusan pendidik SMK Negeri 2 Pati. Materi Seminar dengan judul “Pembekalan Digipreneurship untuk Gen Z” ini dibawakan oleh Kabid Pemasaran Pariwisata Dinporapar Pati, Endah Murwaningrum.

Kepala SMK Negeri 2 Pati, Wijanarko sangat antusias dengan seminar kali ini karena tema yang dibawakan sangat berhubungan dengan teknologi digital dan generasi Z yang didalamnya termasuk anak usia pelajar SMK Negeri 2 juga menjadi objek dalam seminar.

Endah mengatakan bahwa Kewirausahaan Digital (digital entrepreneurship), adalah kewirausahaan yang dipengaruhi oleh, atau memanfaatkan, transformasi digital dalam bisnis dan masyarakat. Prinsip-prinsip dasar kewirausahaan masih berlaku dan dapat diaplikasikan di dunia kewirausahaan digital. Bedanya adalah, perubahan mendasar terletak pada pelaku aktivitas bisnis adalah generasi melek digital.

Selain itu, Endah berpendapat bahwa pelajar adalah generasi Z yang harus dibekali ilmu Digipreneurship. “Generasi Z (Gen Z) yang lahir antara tahun 1996 – 2012 (Berusia 9-25 tahun pada 2022) merupakan generasi yang paling muda yang baru memasuki angkatan kerja. Generasi ini biasanya disebut dengan generasi internet atau Igeneration. Gen Z lebih banyak berhubungan sosial lewat dunia maya. Sejak kecil, generasi ini sudah banyak dikenalkan oleh teknologi dan sangat akrab dengan smartphone dan dikategorikan sebagai generasi yang kreatif dan melek digital.”

“Karena karakter Gen Z ini sangat cocok dan adaptif dalam menangkap peluang bisnis di era teknologi digital, maka pembekalan digital entrepreneurship diharapkan mampu untuk membuat mereka mengembangkan dan mengeksplorasi peluang yang ada.” tambah Endah. (em/ws/mr09).

 

0 Komentar

    Tambah Komentar