Seorang pemenang takkan pernah berhenti untuk berusaha dan orang yang berhenti untuk berusaha takkan menjadi seorang pemenang

Desa Gunungsari Jadi Sasaran Sosialisasi Kampung Keluarga Berkualitas, Desa Ramah Perempuan Peduli Anak

desa gunungsari 2

Penjabat Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Pati, Faisa Henggar, Rabu (17/7), mengunjungi Desa Wisata Gunungsari Kecamatan Tlogowungu.

Kedatangannya tersebut untuk memberikan sosialisasi dan edukasi untuk kader PKK setempat terkait program kampung keluarga berkualitas, desa ramah perempuan dan peduli anak. 

Mengawali sosialisasinya, Faisa mengapresiasi Desa Gunungsari yang kebetulan telah dikukuhkan sebagai desa wisata pada Senin (15/7) lalu. Hal itu, lanjutnya, dapat menjadi nilai positif jika predikat desa wisata ini disinergikan dengan Kampung KB.

"Jadi nanti harapannya, kegiatan-kegiatan di desa wisata itu  dapat dimasukkan di websitenya kampung KB. Jadi nanti masyarakat tahu kalau di Desa Gunungsari adalah Desa Wisata", ungkap Faisa.

Menurutnya, informasi itulah nanti yang dapat mempermudah masyarakat saat mencari informasi tentang wisata yang ada di Pati.

"Karena web itu bisa dilihat oleh semua orang, seluruh Indonesia. Bahkan, dunia pun bisa melihat web kita. Web Kampung KB", lanjutnya.

Ia pun menjelaskan bahwa Kampung KB Desa Gunungsari di canangkan pada tanggal 27 Juli 2017.

Dalam kegiatan pencanangan kampung KB MANGGIS (Mandiri, Tanggungjawab, Inovatif, Sejahtera), Desa Gunungsari berkolaborasi dengan lintas sektor diantaranya dengan Dinas Dukcapil yang melayani pembuatan akta kelahiran, Puskesmas dan BKKBN yang mengadakan pelayanan KB Implan secara gratis dan kelas balita dan lembaga-lembaga desa lainnya yang saling bersinergi.

Secara umum, menurut Faisa, tujuan dibentuknya Kampung KB ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung atau yang setara melalui program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) serta melalui program pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

Sementara itu, Kepala Desa Gunungsari, Sudadi turut mengucapkan terima kasih kepada Pj TP-PKK Kabupaten Pati bersama Dinas Sosial P3AKB serta TP-PKK Kecamatan Tlogowungu yang telah berkenan hadir dalam sosialisasi dan edukasi Program Kampung Keluarga Berkualitas, Desa Ramah Perempuan dan Peduli Anak di Desa Wisata Gunungsari.

Menurutnya, letak geografis Desa Gunungsari yang berada di ujung Kecamatan Tlogowungu dan langsung berbatasan dengan hutan ini, memiliki keindahan alam yang luar biasa, sehingga ia berterima kasih kepada Pj Bupati Pati yang telah mengesahkan Desa Gunungsari ini menjadi Desa Wisata.

"Alhamdulillah pada tanggal 15 Juli kemarin ditetapkan oleh bapak Pj Bupati sebagai Desa Wisata", ungkap Kades Gunungsari.

Dengan rintisan dan predikat inilah, pihaknya berharap nantinya Desa Gunungsari ini semakin maju dan berkembang seperti yang dicita-citakan bersama.

Usai memberikan edukasi di Balai Desa Gunungsari, Faisa Henggar bersama rombongan mengunjungi warga Dusun Pangonan Desa Gunungsari yang memiliki balita dengan gangguan pertumbuhan (stunted). Faisa pun lantas memberikan bantuan berupa makanan pemenuhan gizi untuk balita tersebut.

Ia berpesan kepada orang tua balita agar selalu berkomunikasi aktif dengan bidan desa ataupun kader desa setempat untuk memantau perkembangan kesehatan anaknya. (fn5 /FN /AP)

0 Komentar

    Tambah Komentar