Tentang Earth Hour 60′
Apa arti logo EARTH HOUR?
Logo Earth Hour ‘60′ menunjukkan 60 menit kampanye Earth Hour dimana
fokus perhatiannya adalah dampak yang dialami oleh bumi dan tindakan
positif dalam menanggulangi masalah tersebut.
.
Apa Tujuan Kampanye Earth Hour Indonesia?
- Menjangkau sebanyak mungkin publik (individu, rumah tangga, dan pelaku bisnis) untuk memadamkan lampu mereka pada tanggal 27 Maret 2010, pk 20.30 – 21.30
- Mengedukasi publik terkait dampak perubahan iklim dan apa yang bisa dilakukan dalam mengubah gaya hidup individu di kehidupan sehari-hari dalam mengurangi emisi karbon dioksida
- Mendapat dukungan dan partisipasi korporasi untuk menyebarluaskan kampanye Earth Hour, baik secara internal maupun eksternal, dan berkomitmen memadamkan lampu mereka di tanggal dan jam yang dimaksud
- Memberikan preseden untuk kelanjutan kampanye Earth Hour Indonesia pada tahun 2011 dan selanjutnya
- Mengukur perubahan dan kontribusi kampanye Earth Hour terhadap emisi gas rumah kaca di Indonesia.
.
Siapa Target Sasaran Kampanye Earth Hour di Indonesia?
- Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Pemerintah Pusat memberikan pernyataan dukungan, baik lisan maupun tulisan, sebagai duta, dan memberikan contoh dengan mengikutsertakan bangunan/monumen ikon kota Jakarta dalam kampanye global ini. Selain itu diharapkan pemerintah daerah dan pemerintah pusat juga memberikan himbauan kepada departemen dan institusi terkait, termasuk kalangan bisnis di Jakarta untuk berpartisipasi.
- Korporasi
Jika sektor komersial (gedung perkantoran dan pertokoan/mal) dapat ikut partisipasi mematikan lampu ketika sudah melewati jam kerja dan mengombinasikan aksi ini dengan kegiatan yang secara teknologi tepat guna dan efisien, maka sektor korporasi dapat mengurangi berton-ton emisi karbon dioksida yang dikeluarkan dari penerangan secara signifikan. Earth Hour bertujuan untuk menunjukkan kepada sektor korporasi betapa mudah dan efisiennya melakukan perubahan dengan mencontoh perusahaan-perusahaan yang telah mencapai penurunan emisi karbon dioksida. - Rumah Tangga
Setiap individu diminta secara sukarela memberikan komitmennya untuk mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tidak sedang digunakan pada tanggal dan jam dimaksud. Tujuannya untuk menunjukkan bahwa perubahan kecil dalam gaya hidup sehari-hari jika dilakukan secara global dapat memberikan hasil besar.
.
Apa tindak lanjut dari Kampanye Earth Hour Indonesia?
Di 5 tahun mendatang diharapkan:
- Kampanye Earth Hour menjadi kampanye tahunan di indonesia
- Terjadi perubahan gaya hidup hemat energi di Jabotabek, Bandung, Bali & Surabaya dan memicu perubahan yang sama di kota-kota besar lain, termasuk dalam penggunaan lampu hemat energi
- Indonesia mengembangkan inisiatif bangunan hemat energi dan ramah lingkungan
- Indonesia mengembangkan sumber energi bersih yang potensial dan murah.
Komentar (0)
Tuliskan Komentar Anda