20 Jembatan Pantura Timur Kritis
Lebih 25 Tahun
Menurut dia, kerusakan jembatan secara umum karena beban di atasnya yang over. Selain itu, umur jembatan juga menjadi penyebab tersendiri.Untuk Jembatan Juwana, saat ini sudah tidak layak lagi untuk dilewati. Pasalnya sudah lebih dari batas usia yang hanya 25 tahun. "itu kalau beban di atas maksimal 10 ton. Tetapi sekarang kalau dilihat tonase kendaraan yang lewat lebih dari itu," tandasnya.
Tidak hanya itu, kondisi Jembatan getakan Pati juga hampir sama. Kerusakan yang selama ini sering terjadi karena konstruksi yang sudah tua dan beban tekanan semakin berat Mengingat volume kendaraan semain bertambah, begitu pula dengan tonasenya.
Sejumlah jembatan lain dengan fondasi batu-bata peninggalan Beanda juga banyak di jalur Pantura Timur. Sebagian telah diganti dengan konstruksi terkini, seperti Jembatan Lengkowo Pati dan sisanya masih dalam taraf perbaikan serta pengusulan. "Seperti Jembatan Tasikharjo Rembang juga fondasinya batu-bata dan tahun ini segera diganti," imbuhnya.
Tidak hanya itu, kondisi Jembatan getakan Pati juga hampir sama. Kerusakan yang selama ini sering terjadi karena konstruksi yang sudah tua dan beban tekanan semakin berat Mengingat volume kendaraan semain bertambah, begitu pula dengan tonasenya.
Sejumlah jembatan lain dengan fondasi batu-bata peninggalan Beanda juga banyak di jalur Pantura Timur. Sebagian telah diganti dengan konstruksi terkini, seperti Jembatan Lengkowo Pati dan sisanya masih dalam taraf perbaikan serta pengusulan. "Seperti Jembatan Tasikharjo Rembang juga fondasinya batu-bata dan tahun ini segera diganti," imbuhnya.
Komentar (0)
Tuliskan Komentar Anda